Your Ad Here

Presentasi Interaktif dengan Office PowerPoint 2007

Sangatlah membosankan melihat presentasi yang monoton dan itu-itu saja. Oleh karenanya, Presentasi haruslah menarik dan juga interaktif, agar orang yang melihatnya antusias dalam mengikuti langkah demi langkah dari presentasi anda, serta lebih mudah memahami apa yang anda sampaikan. Didalam Microsoft OfficePowerPoint 2007 sebenarnya menyimpan segudang fitur yang sayang jika tidak disematkan pada presentasi anda. Fitur-fitur tersebut sangat menunjang kita dalam menyampaikan isi dari Presentasi kita. Tapi karena banyak orang yang tidak mengetahui cara membuatnya, kebanyakan dari mereka hanya Presentasi dengan bermodalkan teks dan gambar saja, serta digunakannya effect transisi. Hanya itu saja dan tak berkembang dari dulu hingga sekarang, hal tersebut pastilah membuat orang yang melihat Presentasi dengan Model yang sama akan Bosan. Berikut adalah dasar-dasar yang dapat anda gunakan untuk membuat presentasi anda lebih hidup dan interaktif.


Membuat Objek Transparant
Objek transparent dan glossy akan terlihat indah dan berkilau, membuat presentasi anda menjadi menarik. Berikut langkah-langkahnya :
1. Sediakan objek yang akan dijadikan transparent
Contoh:
· Pada Tab Insert , Klik ShapesLangkah 1
· Pilih Objek Rounded Rectangle, dan gambarkan pada halaman Presentasi.
Langkah 1 point 2
2. Pada tab Format dari objek tersebut, pada Kelompok Shape Style, Pilih Shape Effect > Preset > Preset 8
Langkah 2
Membuat Objek Reflection
Pada bagian ini, kita akan membuat efek pantulan bayangan dari objek. Hal ini sangatlah bagus, dan akan member efek Tiga dimensi. Berikut Langkah-langkahnya :
1. Sediakan objek yang akan diberi efek Reflection
Contoh:
Langkah 1
2. Pada tab Format dari objek tersebut, pada Kelompok Shape Style, Pilih picture Effect > Reflection, Kemudian pilih tingkat intesitas reflection yang anda inginkan.
Langkah 2
Langkah di atas juga berlaku pada Teks, Tapi Picture Effect menjadi Text Effect
Demikian juga pada Shape, yaitu Picture Effect menjadi Shape Effect

Membuat Hyperlink
Hyperlink sangat berguna untuk membuat navigasi di dalam presentasi kita. Sehingga Presentasi kita bias meloncat dari halaman slide, yang satu ke halaman slide yang lain, Bahkan slide yang berada di luar pada presentasi lain. Berikut adalah langkah-langkah membuat hyperlink, yang mana hanya saya sertakan yang paling banyak di pakai saja :
1. Blok teks atau klik objek yang ingin digunakan sebagai hyperlink
2. Di tab insert, dalam grup link, Klik Hyperlink
---------------------------------------------------------------------
Ke slide yang ada didalam presentasi yang sama:
Langkah 2
3. Pada kolom Link to, Klik Place in this document
Langkah 3 (didalam presentasi yang sama)
4. Pada kolom Select a place in this document, pilih halaman tujuan dari hyperlink
-------------------------------------------------------------------------
Ke slide di Presentasi yang berbeda:
3. Pada kolom Link to, Click existing file or web page
4. Tentukan lokasi file tujuan dari hyperlinkLangkah 4 (di Presentasi yang berbeda)
5. Klik Bookmark, dan pilih halaman yang kita tujulangkah 5 (di Presentasi yang berbeda)
6. Klik OK
Membuat Presentasi dengan ScreenTip pada Hyperlink
Untuk membuat navigasi halaman pada Presentasi, kita sering membuat Hyperlink untuk menuju ke halaman yang dimaksud. Tapi karena sedikitnya ruang pada halaman powerpoint, kita tidak menyertakan deskripsi mengenai Hyperlink tersebut. Untuk mengatasinya kita bias membuat popup ScreenTip berisi deskripsi mengenai hyperlink tersebut. Selain berfungsi sebagai penjelas dari Hyperlink tersebut,Presentasi kita pun menjadi menarik olehnya . Deskripsi tersebut akan muncul ketika kita menyorotkan mouse ke hyperlink tersebut. Langkah-langkahnya bias dibilang mudah, tapi bagi orang awam, banyak yang tidak mengetahui Fitur ini.
Langkah-langkahnya adalah:
1. Klik objek A (atau objek apapun yang akan diberi hyperlink, yakni dapat berupa teks, gambar, ataupun lainnya). Pada tab insert ribbon Link, Klik hyperlink.
Langkah 1
2. Tentukan Hyperlink kemana tujuan dari objek A jika di klik. Kemudian Klik Sreentip.
3. Ketikan screen tip pada kotak dialog "Set Hyperlink ScreenTip"
Langkah 3
4. Klik Ok
Sekarang anda mendapatkan Presentasi dengan popup ScreenTip pada Objek Hyperlink anda. Langkah, lanhkah dia atas merupakan langkah dasar, anada dapat mengembangkannya sendiri, sesuai kreatifitas anda sendiri.
Membuat Trigger
Dengan ini kita dapat membuat popup dari suatu objek jika kita mengklik objek yang lain dalam satu slide. Langkah-langkah untuk membuatnya adalah:
1. Sediakan objek yang akan di buat trigger, minimal adalah dua objek. Saya akan memisalkan objek tersebut dengan objek A dan objek B
2. Beri efek animation pada objek B yang akan bekerja ketika objek A di klik.
Langkah 2
3. Klik panah kecil disamping efek pada docker custom animation, Klik Timing.
Langkah 3
4. Pada tab Timing, Klik Trigger. Pilih start effect on click of
5. pilih oval 4:A (objek yang dijadikan pengacu,agar objek B muncul ketika objek pengacu di klik, yang dalam hal ini adalah objek A).
Langkah 5
6. Agar objek B dapat hilang lagi saat objek A di klik untuk yang kedua kali, pada tab effect, pada After animation, pilih Hide on Next Click
Langkah 6
7. Klik OK.
Langkah dia atas adalah langkah-langkah dasarnya. Anda dapat mengembangkannya sendiri sesuai kebutuhan. Dengan dasar membuat trigger di atas, anda dapat membuat serangkaian menu-menu di dalam presentasi, yang hanya akan muncul jika di perlukan saja.
Memunculkan tab Developer
Kamu dapat memunculkan tab "developer" atau menjalankan deloper mode untuk menulis macros, menjalankan macros yang anda punya, atau membuat aplikasi menggunakan microsoft office.
1. klik Microsoft Office Button. Kemudian Klik PowerPoint option.
Langkah 1
2. klik Popular, dan kemudian pilih Show Developer tab in the Ribbon check box
Langkah 2
3. Klik Ok
Jika berhasil, maka akan muncul tab baru pada Office PowerPoint anda. Dengan fitur yang terdapat pada tab ini, anda dapat menambahkan file apapun yang didukung oleh system anda, misalnya adalah memasukkan Player berupa windows media player pada presentasi anda lengkap dengan tombol tombol yang ada pada windows media player.
Menambahkan Windows Media Player pada Presentasi
Anda dapat menambahkan aplikasi atau file apapun yang didukung oleh system anda, missal anda memiliki windows media player, maka anda dapat menambahkan windows media player ke dalam presentasi anda, begitu pula lainnya, jika anda mempunya adobe flash, maka anda dapat menambahkan konten flash pada presentasi anda. Dan masih banyak lagi. Untuk kali ini akan saya jelaskan bagaimana menambahkan windows media player pada presentasi anda. Kenapa saya memilih windows media player sebagai peraga dasar, karena aplikasi ini pasti ada dan terinstal pada computer anda. Beikut langkah-langkahnya:
1. Pada tab Developer, pada kelompok Controls, kemudian klik More Controls
Langkah 1
2. Pada kotak dialog More Controls, pilih Windows Media Player. Klik OK
Langkah 2
3. Gambarkan seberapa besar area dari Windows Media player pada halaman Presentasi
Langkah 3
4. Screenshoot dari aplikasi Windows Media Player pun akan muncul seiringan dengan selesainya anda menentukan besarnya area dari aplikasi tersebut pada halaman presentasi anda.
Langkah 4
5. Klik Kanan pada objek Windows Media Player dan pilih Properties
langkah 5
6. Isikan Url dari file yang akan dimainkan oleh windows media player tersebut.
Langkah 6
7. Close jendela properties dan jalankan Presentasi, jika url yang anda masukkan benar, maka file tersebut akan dimainkan oleh windows Media Player jika anda menjalankan presentasi anda.
Langkah 7
Hal yang perlu diingat
1. Jangan memindahkan letak dari file yang dijalankan oleh aplikasi, karena hal tersebut akan mengubah url pada bagian properties dari Aplikasi.
2. Format file pada url haruslah format yang didukung oleh aplikasi tersebut
3. Agar dapat dibawa ke mana-mana, saya sarankan untuk mempublishkan presentasi anda ke dalam CD, Dengan langkah:
· Klik Office Button, Kemudian Pilih Publish > Pakage For CD
Dengan cara diatas, maka url akan tetap. Untuk itu maka jalankan Presentasi dari dalam CD langsung agar anda tidak repot-repot menyusun ulang url dari file yang dijalankan aplikasi.
Semua hal diatas, hanyalah dasar-dasarnya. Dan yang saya bahas hanyalah sesuatu yang asing saja, sesuatu seperti memasukkan video, menggunakan Record Naration, menambahkan sound, tidak saya sertakan karena sudah sangat umum. Anda dapat mengembangkannya untuk membuat Presentasi yang Interaktif dan menyenangkan dengan bermodalkan dasar-dasar tersebut.

3 comments:

  1. sip mantap .... somga tambah barokah ...izin sharing ke yang lain yah ...:)

    ReplyDelete
  2. boleh,.tp jangan lupa cantumkan link sumber ya

    ReplyDelete
  3. asik sekali. thanks tip nya,..

    ReplyDelete